GAMELAN JAWA III
LARAS
Laras memiliki arti kata lurus,
serasi atau kesesuaian. Kalau terkait suara, menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata
‘laras’ berarti tinggi rendahnya
nada ( suara, bunyi musik dan sebagainya
). Maka sesuai dengan arti kata ini dalam dunia karawitan laras diartikan
sebagai; (1) urutan nada dalam jangkauan gembyang (oktaf) yang memiliki jarak
nada tertentu (Soeroso, 1985, ISI Yk),
(2) Laras adalah rangkaian nada yang tertentu jumlah dan tingginya (sruti) didalam satu gembyangan. Atau urutan
nada dalam satu gembyangan yang tertentu srutinya (Ki Sindoesawarno, 1954:1,
Ilmu Karawitan), (3) Laras adalah urut-urutan suara mulai yang paling rendah
sampai tertinggi, yang tetap serta teratur swarantaranya (interval), menurut Wasisto
Surjodiningrat, dkk. Dalam buku Gamelan dan Komputer, 1977 : 5-6 .
Sistem nada di dunia dikenal ada
dua macam, yaitu system nada DIATONIS dan
system nada PENTATONIS. Sistem nada diatonis yaitu tangga nada yang umum
dipakai dalam dunia music dewasa ini yang terdapat satu jenis tangga nada
dengan 7 nada dalam satu oktafnya ( do re mi fa sol la si ). Sedangkan system
nada pentatonis dikenal ada dua laras (tangga nada), yaitu laras slendro dan laras pelog.
Laras slendro dalam satu
gembyangnya (oktaf) terdapat 5 nada yang masing-masing nadanya berjarak hampir
sama (240 cents). Jadi dalam laras slendro satu gembyangnya terdapat 1200 cents
(240 cents x 5), kl ditulis jarak nadanya menjadi: 1__2__3__5__6__i ( 1=lr barang, 2=lr gulu/jangga, 3=lr dada,
5=lr lima, 6= lr nem)
Sedangkan laras pelog dalam satu gembyang (oktaf)
terdapat 9 nada, sehingga masing-masing jaraknya adalah 1200 ct : 9 = 133 1/3
ct. Klau dituliskan susunan nadanya menjadi:
1__2__3__x__4__5__6__7__y__i
Tetapi karena jumlah nada dalam
setiap ricikan gamelan hanya terdapat
tujuh setiap gembyangnya maka terdapat jarak yang lebih panjang dari
jarak rata-rata setiap nadanya:
1__2__3____4__5__6__7____i (1= lr bem/penunggul, 2= lr gulu/jangga, 3=
lr dada, 4= lr pelog, 5= lr lima, 6= lr nem, 7= lr barang )
Sehingga kalau rata-rata berjarak
nada 133 1/3 ct, maka ada yang lebih panjang mjd 266 2/3 ct.
Panjang pendeknya jarak ini
dimungkinkan dibuat didasari oleh penyesuaian dalam mencapai rasa keindahan yang diharapkan si
pembuat. Contoh penyesuaian ini terlihat dari garepan patet dlm laras pelog
yang hanya memiliki 5 nada:
(1). Patet lima : 4__5__6____1__2____4’
(2). Patet enem: 1__2__3____5__6____i
(3). Patet barang: 5__6__7____2__3____5’
Jarak nada (interval) dalam
frekwensi menurut buku
Wasisto Surjodiningrat, dkk yang berjudul ‘Penjelidikan Dalam Pengukuran
Nada Gamelan-Gamelan Djawa Terkemuka di Jogjakarta dan Surakarta’:
Tabel Data Penelitian Nada
Gamelan Slendro :
No
|
No
|
NAMA
|
6
|
A
|
1
|
B
|
2
|
C
|
3
|
D
|
5
|
E
|
6
|
F
|
7
|
Oktaf
|
gml
|
GAMELAN
|
nem
|
br
|
gl
|
dd
|
lm
|
nm
|
br
|
cents
|
|||||||
1
|
Sl-21
|
Lokananta-(kraton
Solo)
|
257
|
244
|
296
|
240
|
340
|
259
|
395
|
230
|
451
|
249
|
521
|
259
|
605
|
1237
|
2
|
Sl-20
|
Manisrengga-(kraton
Solo)
|
244
|
244
|
281
|
236
|
322
|
250
|
372
|
246
|
429
|
240
|
493
|
255
|
572
|
1227
|
3
|
Sl-22
|
Swarahardja-(kraton
Solo)
|
253
|
254
|
293
|
226
|
334
|
255
|
387
|
214
|
438
|
257
|
508
|
244
|
585
|
1196
|
4
|
Sl-14
|
Kanjutmesem-(M.N.
Sala)
|
248
|
259
|
288
|
251
|
333
|
238
|
382
|
241
|
439
|
236
|
503
|
252
|
582
|
1218
|
5
|
Sl-15
|
Lipurtambaning-(M.N.
Sala)
|
242
|
246
|
279
|
216
|
316
|
254
|
366
|
234
|
419
|
251
|
484
|
246
|
558
|
1200
|
6
|
Sl-27
|
Konservatori
Kar. Gam. I
|
278
|
229
|
317
|
225
|
361
|
254
|
418
|
236
|
479
|
256
|
556
|
1200
|
||
7
|
Sl-I
|
Surak (Kraton
Jogja)
|
273
|
226
|
312
|
239
|
357
|
248
|
412
|
250
|
476
|
255
|
552
|
1218
|
||
8
|
Sl-5
|
Madumurti (Kraton
Jogja)
|
268
|
224
|
305
|
233
|
349
|
258
|
405
|
243
|
466
|
258
|
541
|
1216
|
||
9
|
Sl-7
|
Tunggul (P.A.
Jogja)
|
265
|
238
|
304
|
249
|
351
|
244
|
404
|
228
|
461
|
264
|
537
|
1223
|
||
10
|
Sl-11
|
GPH.Tedjakusuma
Jogja
|
274
|
235
|
314
|
228
|
358
|
260
|
416
|
234
|
476
|
267
|
556
|
1224
|
||
11
|
Sl-9
|
Landung GAMA
|
274
|
219
|
311
|
248
|
359
|
247
|
414
|
242
|
476
|
275
|
558
|
1231
|
Gamelan laras slendro
rata-rata;
273_a_312_b_359_c_413_d_474_e_550
dan rata-rata interval masing-masing; a
= 231ct, b = 243 ct, c = 243 ct, d = 238 ct, e = 253 ct sehingga jumlah rata-rata intervalnya adalah
1208 cents.
Tabel Data Penelitian Nada
Gamelan Pelog :
NAMA
|
1
|
a
|
2
|
b
|
3
|
c
|
4
|
d
|
5
|
e
|
6
|
f
|
7
|
g
|
1’
|
oktaf
|
GAMELAN
|
bem
|
gl
|
dd
|
pl
|
lm
|
nem
|
brg
|
Bem
|
cents
|
|||||||
Semarngigel (kraton
Sala)
|
287
|
122
|
308
|
129
|
332
|
301
|
395
|
106
|
420
|
116
|
449
|
187
|
500
|
256
|
580
|
1218
|
Kadukmanis (kraton
Sala)
|
292
|
143
|
317
|
111
|
338
|
316
|
406
|
100
|
430
|
132
|
464
|
174
|
513
|
256
|
595
|
1232
|
Hardjaswara (kraton
Sala)
|
297
|
135
|
321
|
155
|
351
|
281
|
413
|
113
|
441
|
103
|
468
|
196
|
524
|
219
|
594
|
1200
|
Kanjutmesem (M.N.
Sala)
|
295
|
141
|
320
|
140
|
347
|
272
|
406
|
139
|
440
|
114
|
470
|
172
|
519
|
245
|
598
|
1223
|
Lipurtambaneng
(M.N. Sala)
|
281
|
113
|
300
|
146
|
327
|
430
|
----
|
-----
|
419
|
100
|
444
|
-----
|
-----
|
-----
|
567
|
1214
|
Konservatori Kar.
Gam. I
|
306
|
121
|
328
|
147
|
357
|
272
|
418
|
128
|
450
|
115
|
481
|
194
|
538
|
240
|
618
|
1218
|
Kantjilbelik
(kraton Jogja)
|
295
|
125
|
317
|
131
|
342
|
267
|
399
|
145
|
434
|
120
|
465
|
149
|
507
|
272
|
593
|
1209
|
Madukusuma (kraton
Jogja)
|
276
|
121
|
296
|
129
|
319
|
302
|
380
|
136
|
411
|
106
|
437
|
141
|
474
|
280
|
557
|
1215
|
GPH. Tedjakusuma Jogja
|
286
|
117
|
306
|
141
|
332
|
284
|
391
|
132
|
422
|
88
|
444
|
164
|
488
|
268
|
570
|
1194
|
Landung GAMA
|
293
|
103
|
311
|
144
|
338
|
278
|
397
|
150
|
433
|
112
|
462
|
161
|
507
|
281
|
596
|
1229
|
Sedangkan dalam gamelan laras
pelog terdapat rata-rata; 279_a_299_b_324_c_381_d_412_e_439_f_481_g_560 dan rata-rata intervalnya; a= 120 ct, b=138 ct, c=281 ct, d=136 ct,
e=110 ct, f=158 ct, g=263 ct sehingga
jumlah rata-rata interval dalam satu oktafnya adalah 1206 cents.
SEJARAH LARAS
Kempyung Tiup
Asal mula laras nada dibentuk dari
suara nada seruling. Menurut dongeng yang beredar di masyarakat Cina (Tionghwa)
pada jaman kerajaan Huang-Ti (250 SM), berawal dari sang Raja yang
memerintahkan Ling-Lun seorang niyaga hebat (pemain music) membuat laras nada
abadi. Ling-Lung mendapatkan inspirasi dari kicauan burung rangkok yang merdu
mendayu, yang membuatnya sangat kagum dan terharu, untuk membuat suara
tiruannya. Dari usahanya itu sang niyaga itu berhasil membuat sebuah seruling
yang dibuatnya dari buluh bambu. Suara seruling yang mampu menyerupai kicauan
burung rangkok itu kemudian dipakai sebagai acuan membentuk standar nada atau
laras nada yang diberi nama ‘Huang-Tjong’.
Laras Huang-Tjong terbentuk dari kempyung-kempyung
yang berurutan, dan dibagi dua berdasarkan urutan ganjil dan genap. Urutan
kempyung ganjil disebut YANG (jantan) dan yang genap disebut YIN (betina). Laras Huang-Tjong ini berkembang menjadi induk segala nada dalam
seni suara di dunia, maka dengan ini berarti tercapailah keinginan sang raja dr kerajaan Huang-Ti tersebut.
Kempyung Kawat Se Ma Tsien
Dalam perkembangan etnomusikologi
Cina yang baru, teori kempyung tiup yg didasari dari seruling kurang diminati
lagi karena kurang praktis dan sistematis. Dan berkembang teori lain dari
kempyung kawat oleh Se Ma Tsien dari jaman kerajaan Tang ( 620 M) yang lebih
praktis dan mudah. Hitungan-hitungan dari kempyung kawat Se Ma Tsien ini secara
tidak sengaja juga sama yang dibuat oleh Pujangga Yunani Phythagoras (530 M).
Kedua hitungan-hitungan mereka itu berdasarkan pada kecerdasan akal pikir atau
perhitungan logika bukan dari kodrat alam seperti dasar dari kempyung tiup.
Kempyung Kawat dibagi dua menjadi
Kempyung Atas dan Kempyung Bawah; Kempyung Atas terbentuk dari kawat tegang
yang diperpendek menjadi 2/3nya. Sedangkan Kempyung Bawah terbentuk dari kawat
tegang yang diperpanjang menjadi 4/3nya.
Se Ma Tsien memulai dari kawat
tegang diperpendek 2/3 menjadi kempyung pertama, kemudian yang kedua
diperpanjang menjadi 4/3 menjadi kwart bawahnya. Yang ketiga diperpendek lagi 2/3, yang
keempat diperpanjang 4/3, dan seterusnya hingga 12 kali.
Dari Laras Huang-Tjong
menjadi Laras Pelog
Dari sebuah penelitian yang dilakukan oleh seorang ahli budaya dan
music Tiongkok berkebangsaan Jerman,
Prof.Dr.E.M. von Hornbostel (1934) tentang laras Huang-Tjong didapatkan bahwa
jumlah nada dari laras tersebut adalah 366Hz. Sedangkan kempyung dari hasil
tiupan sulingnya dinamakan kempyung tiup,
tercatat 678 cents. Dari kempyung-kempyung tiup nomor ganjil kemudian
dirangkum dalam satu gembyang (oktaf), maka terbentuk suatu laras yang
dinamakan laras pelog asli (1919). Dari nada-nada itu dapat mengisar
(toleransi) sampai 15 cents, hingga dapat menutup kekurangan nada terakhir
menjadi nada satu gembyang yang tepat 1200 cents.
0 156
312 468 624
780 936 1092
dlm cents
Laras pelog asli dengan
pengisaran (toleransi) ini berkembang di wilayah Birma, Siam, Malaysia,
Indonesia, Madagaskar, Kep.Samudera Teduh, Melanesia, Polinesia, Brazilia Barat
Daya dan Peru Lima.
Di Jawa dan Bali, laras pelog
Hornbostel (pelog asli) ini sudah tidak ada, tetapi telah diaplikasikan oleh
Konservatori Karawitan Indonesia Surakarta ke dalam alat music harmonica ( Agustus 1952), yg identik
dengan laras Cina (Huang-Tjong).
Perkembangan Laras
Pelog dan Terbentuknya Laras Slendro di Indonesia
Di Indonesia teori Hornbostel dikembangkan dengan penelitian-penelitian
yang dilakukan oleh sarjana etnomusikologi Belanda, Jaap Kunst. Penelitian dilakukan ke sebagian besar jenis gamelan di
nusantara Indonesia, terutama Jawa, Bali dan Madura dengan lebih kurang 180
embat. Dengan data-data dan hitungan yang meluas Jaap Kunst telah dapat
membuktikan kebenaran teori Hornbostel (1934). Dan menyimpulkan bahwa
normalisasi laras pelog Jawa dan Bali itu bersruti (interval) sebagai berikut :
0
156 415 535
685 955 1085
1200 cents
Dari laras pelog ini kemudian
oleh Konservatori Karawitan Indonesia dibuat susunan laras pelog yang lebih
praktis digunakan dan lebih sistematis, menjadi :
0
120 360 630
770 890
1030 1200 cents
Laras Slendro
Hornbostel-Kunst
Sedangkan terbentuknya laras
slendro dengan diambil nada-nada Umschicht, yang didapatkan suatu kwart
bersruti (interval) 468 cents ( kwart murni 498 dan kwart toleransi 500 ).
Kwart 468 dibagi 2 menjadi 234 cents. Dari interval (sruti) 234 ct ini kemudian
diteruskan hingga 5 kali, sehingga terbentuk menjadi laras slendro berikut : 0_a_234_b_468_c_702_d_936_e_1170_f_1200
(abcde=234cent, f=30ct)
Kekurangan yang 30 cents dibagi
rata untuk kisaran (toleransi) nada-nada dengan maksimum 6 cents.
Dari laras slendro ini kemudian
dibentuk laras slendro yang lebih praktis digunakan dan lebih sistematis oleh
Konservatori Karawitan Indonesia Surakarta menjadi :
0
230 460 715
945 1200
Kesimpulan: Berdasar teori
Honrbostel bahwa slendro itu terjadinya dari Umschichtleiter yang berlaras
pelog.
Komentar
Posting Komentar