Gamelan IV
LARAS
Laras
memiliki arti kata lurus, serasi atau kesesuaian. Kalau terkait suara, menurut kamus besar bahasa Indonesia, kata
‘laras’ berarti tinggi rendahnya
nada ( suara, bunyi musik dan sebagainya
). Maka sesuai dengan arti kata ini dalam dunia karawitan laras diartikan
sebagai; (1) urutan nada dalam jangkauan gembyang (oktaf) yang memiliki jarak
nada tertentu (Soeroso, 1985, ISI Yk),
(2) Laras adalah rangkaian nada yang tertentu jumlah dan tingginya (sruti) didalam satu gembyangan. Atau urutan
nada dalam satu gembyangan yang tertentu srutinya (Ki Sindoesawarno, 1954:1,
Ilmu Karawitan), (3) Laras adalah urut-urutan suara mulai yang paling rendah
sampai tertinggi, yang tetap serta teratur swarantaranya (interval), menurut
Wasisto Surjodiningrat, dkk. Dalam buku Gamelan dan Komputer, 1977 : 5-6 .
Sistem nada
di dunia dikenal ada dua macam, yaitu system nada DIATONIS dan system nada PENTATONIS. Sistem nada
diatonis yaitu tangga nada yang umum dipakai dalam dunia music dewasa ini
dengan 7 nada dalam satu oktafnya ( do re mi fa sol la si ). Sedangkan system
nada pentatonis dikenal ada dua laras (tangga nada), yaitu laras slendro dan laras pelog, yaitu terdapat 5 nada dalam satu
oktafnya (gembyang). Ini sesuai dengan arti katanya, PENTA= lima dan TONIS /
TONE= nada.
Tangga Nada Diatonis
Tangga Nada Diatonis adalah tangga
nada yang mempunyai dua jarak tangga Nada yaitu satu dan setengah. Contoh yang
menggunakan tangga nada diatonis adalah organ dan piano. Tangga nada diatonis
terbagi menjadi 2 (dua) macam. Diatonis Mayor dan Diatonis Minor.
1.
Tangga nada diatonis
mayor: C----D----E—F----G----A----B--C
1 1 ½
1 1 1 ½
2.
Tangga nada diatonic
minor: A----B----C—D----E----F----G--A
1 1 ½
1 1 1
½
Tangga Nada Pentatonis
Tangga nada pentatonis adalah Jenis
tangga nada yang hanya memakai lima nada pokok. Ragam tangga nada pentatonis
ini dibedakan oleh jarak antar nada serta pilihan nada yang didengar.
Berdasarkan nadanya ada istilah PELOG dan SLENDRO. Contoh musik yang
menggunakan tangga nada pentatonis adalah musik gamelan dan musik blues.
1.
Tangga nada pelog : bes----d’----qd’----f’----@’----bes’
2 ½ 1
2 ½
1------3------4-----5------7------1’
2.
Tangga nada slendro: bes----C’----D’----F’----G’----bes’
1 1 1 ½
1 1 ½
1------2------3-----5-----6-----1’
Dalam Gamelan Jawa:
Dalam Gamelan Sunda (Jawa Barat) dan
Nada Diatonis:
(ciptaan R.M.A. Koesoemadinata, th
1923 di Bandung)
Patet daminatila, adalah kependekan dari kata Ada-2 Minangka Pranataning Laras yang ditulis dalam serat Kanajagan
(1917 : 3), artinya ada 2 patetan gunanya untuk mengatur merasakan laras dan
patet.
Laras Pelog dan Laras
Slendro Dalam Gamelan
Laras
slendro dalam satu gembyangnya (oktaf) terdapat 5 nada yang masing-masing
nadanya berjarak hampir sama (240 cents). Jadi dalam laras slendro satu
gembyangnya terdapat 1200 cents (240 cents x 5), kl ditulis jarak nadanya
menjadi: 1__2__3__5__6__i ( 1=lr panunggul, 2=lr gulu/jangga, 3=lr
dada, 5=lr lima, 6= lr nem)
Laras pelog dalam sejarah perkembangannya juga
diawali dari jumlah nada lima buah setiap oktafnya, hal ini bisa diketahui dari
data sejarah nada gender pelog Th 1164 M (1086 th Jawa; Anglaras
Salira Barakaning Dewa) pada jaman Prabu Jayalengkara di Purwacarita yang menciptakan gender pelog berbilah
sepuluh dengan nada : 1—2—3—5—6—1’—2’—3’—5’—6’ dan baru kemudian pada th 1209
laras pelog ditambahkan nada 4 (pelog),
dan 7 (barang) oleh Dewi Ragil Kuning
Retnojinoli dari Jenggala yg didukung oleh Raden Panji dan kerabatnya sehingga
susunan nadanya seperti berikut:
Th1164M
|
1
|
2
|
3
|
5
|
6
|
1’
|
2’
|
3’
|
5’
|
6’
|
||||
Th1209M
|
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
1’
|
‘2
|
3’
|
4’
|
5’
|
6’
|
7’
|
Laras pelog dalam satu gembyang (oktaf) yang pada awalnya terdapat
9 nada, sehingga masing-masing jaraknya adalah 1200 ct : 9 = 133 1/3 ct. Kalau
dituliskan susunan nadanya menjadi:
1__2__3__x__4__5__6__7__y__1’
Tetapi karena jumlah nada dalam setiap ricikan gamelan hanya
terdapat tujuh setiap gembyangnya maka
terdapat jarak yang lebih panjang dari jarak rata-rata setiap nadanya:
1__2__3____4__5__6__7____i
(1= lr bem/penunggul, 2= lr gulu/jangga, 3= lr dada, 4= lr pelog, 5= lr
lima, 6= lr nem, 7= lr barang )
Sehingga kalau rata-rata berjarak nada 133 1/3 ct, maka ada
yang lebih panjang mjd 266 2/3 ct.
Panjang pendeknya jarak ini dimungkinkan dibuat didasari oleh
penyesuaian dalam mencapai rasa keindahan yang diharapkan si
pembuat. Contoh penyesuaian ini terlihat dari garepan patet dlm laras pelog
yang hanya memiliki 5 nada:
Gamelan Jawa:
Jarak nada (interval) dalam frekwensi menurut
buku Wasisto Surjodiningrat, dkk
yang berjudul ‘Penjelidikan Dalam Pengukuran Nada Gamelan-Gamelan Djawa
Terkemuka di Jogjakarta dan Surakarta’ membuktikan betapa dinamisnya larasan
gamelan yang terjadi karena factor penyesuaian selera pembuat atau pelarasnya.
Tabel Data Penelitian Nada Gamelan Slendro :
No
|
No
|
NAMA
|
6
|
A
|
1
|
B
|
2
|
C
|
3
|
D
|
5
|
E
|
6
|
F
|
7
|
Oktaf
|
gml
|
GAMELAN
|
nem
|
br
|
gl
|
dd
|
lm
|
nm
|
br
|
cents
|
|||||||
1
|
Sl-21
|
Lokananta-(kraton
Solo)
|
257
|
244
|
296
|
240
|
340
|
259
|
395
|
230
|
451
|
249
|
521
|
259
|
605
|
1237
|
2
|
Sl-20
|
Manisrengga-(kraton
Solo)
|
244
|
244
|
281
|
236
|
322
|
250
|
372
|
246
|
429
|
240
|
493
|
255
|
572
|
1227
|
3
|
Sl-22
|
Swarahardja-(kraton
Solo)
|
253
|
254
|
293
|
226
|
334
|
255
|
387
|
214
|
438
|
257
|
508
|
244
|
585
|
1196
|
4
|
Sl-14
|
Kanjutmesem-(M.N.
Sala)
|
248
|
259
|
288
|
251
|
333
|
238
|
382
|
241
|
439
|
236
|
503
|
252
|
582
|
1218
|
5
|
Sl-15
|
Lipurtambaning-(M.N.
Sala)
|
242
|
246
|
279
|
216
|
316
|
254
|
366
|
234
|
419
|
251
|
484
|
246
|
558
|
1200
|
6
|
Sl-27
|
Konservatori
Kar. Gam. I
|
278
|
229
|
317
|
225
|
361
|
254
|
418
|
236
|
479
|
256
|
556
|
1200
|
||
7
|
Sl-I
|
Surak (Kraton
Jogja)
|
273
|
226
|
312
|
239
|
357
|
248
|
412
|
250
|
476
|
255
|
552
|
1218
|
||
8
|
Sl-5
|
Madumurti (Kraton
Jogja)
|
268
|
224
|
305
|
233
|
349
|
258
|
405
|
243
|
466
|
258
|
541
|
1216
|
||
9
|
Sl-7
|
Tunggul (P.A.
Jogja)
|
265
|
238
|
304
|
249
|
351
|
244
|
404
|
228
|
461
|
264
|
537
|
1223
|
||
10
|
Sl-11
|
GPH.Tedjakusuma
Jogja
|
274
|
235
|
314
|
228
|
358
|
260
|
416
|
234
|
476
|
267
|
556
|
1224
|
||
11
|
Sl-9
|
Landung GAMA
|
274
|
219
|
311
|
248
|
359
|
247
|
414
|
242
|
476
|
275
|
558
|
1231
|
Gamelan laras slendro
rata-rata;
273_a_312_b_359_c_413_d_474_e_550
dan masing-masing intervalnya ;
a = 231ct, b = 243 ct, c = 243 ct, d =
238 ct, e = 253 ct sehingga jumlah intervalnya adalah 1208 cents.
Tabel Data Penelitian Nada
Gamelan Pelog :
NAMA
|
1
|
a
|
2
|
b
|
3
|
c
|
4
|
d
|
5
|
e
|
6
|
f
|
7
|
g
|
1’
|
oktaf
|
GAMELAN
|
bem
|
gl
|
dd
|
pl
|
lm
|
nem
|
brg
|
Bem
|
cents
|
|||||||
Semarngigel (kraton
Sala)
|
287
|
122
|
308
|
129
|
332
|
301
|
395
|
106
|
420
|
116
|
449
|
187
|
500
|
256
|
580
|
1218
|
Kadukmanis (kraton
Sala)
|
292
|
143
|
317
|
111
|
338
|
316
|
406
|
100
|
430
|
132
|
464
|
174
|
513
|
256
|
595
|
1232
|
Hardjaswara (kraton
Sala)
|
297
|
135
|
321
|
155
|
351
|
281
|
413
|
113
|
441
|
103
|
468
|
196
|
524
|
219
|
594
|
1200
|
Kanjutmesem (M.N.
Sala)
|
295
|
141
|
320
|
140
|
347
|
272
|
406
|
139
|
440
|
114
|
470
|
172
|
519
|
245
|
598
|
1223
|
Lipurtambaneng
(M.N. Sala)
|
281
|
113
|
300
|
146
|
327
|
430
|
----
|
-----
|
419
|
100
|
444
|
-----
|
-----
|
-----
|
567
|
1214
|
Konservatori Kar.
Gam. I
|
306
|
121
|
328
|
147
|
357
|
272
|
418
|
128
|
450
|
115
|
481
|
194
|
538
|
240
|
618
|
1218
|
Kantjilbelik
(kraton Jogja)
|
295
|
125
|
317
|
131
|
342
|
267
|
399
|
145
|
434
|
120
|
465
|
149
|
507
|
272
|
593
|
1209
|
Madukusuma (kraton
Jogja)
|
276
|
121
|
296
|
129
|
319
|
302
|
380
|
136
|
411
|
106
|
437
|
141
|
474
|
280
|
557
|
1215
|
GPH. Tedjakusuma Jogja
|
286
|
117
|
306
|
141
|
332
|
284
|
391
|
132
|
422
|
88
|
444
|
164
|
488
|
268
|
570
|
1194
|
Landung GAMA
|
293
|
103
|
311
|
144
|
338
|
278
|
397
|
150
|
433
|
112
|
462
|
161
|
507
|
281
|
596
|
1229
|
Sedangkan dalam gamelan laras
pelog terdapat rata-rata; 279_a_299_b_324_c_381_d_412_e_439_f_481_g_560 dan masing-masing intervalnya; a= 120 ct, b=138 ct, c=281 ct, d=136 ct,
e=110 ct, f=158 ct, g=263 ct sehingga
jumlah interval dalam satu oktafnya
adalah 1206 cents.
SEJARAH LARAS
Kempyung Tiup
Asal mula
laras nada dibentuk dari suara nada seruling. Menurut dongeng yang beredar di
masyarakat Cina (Tionghwa) pada jaman kerajaan Huang-Ti (250 SM), berawal dari
sang Raja yang memerintahkan Ling-Lun seorang niyaga hebat (pemain music)
membuat laras nada abadi. Ling-Lung mendapatkan inspirasi dari kicauan burung
rangkok yang merdu mendayu, yang membuatnya sangat kagum dan terharu, untuk
membuat suara tiruannya. Dari usahanya itu sang niyaga itu berhasil membuat
sebuah seruling yang dibuatnya dari buluh bambu. Suara seruling yang mampu
menyerupai kicauan burung rangkok itu kemudian dipakai sebagai acuan membentuk
standar nada atau laras nada yang diberi nama ‘Huang-Tjong’.
Laras
Huang-Tjong terbentuk dari kempyung-kempyung yang berurutan, dan dibagi dua
berdasarkan urutan ganjil dan genap. Urutan kempyung ganjil disebut YANG
(jantan) dan yang genap disebut YIN (betina). Laras Huang-Tjong ini berkembang
menjadi induk segala nada dalam seni suara di dunia, maka dengan demikian
tercapailah keinginan sang raja dr kerajaan Huang-Ti tersebut.
Kempyung Kawat Se Ma Tsien
Dalam
perkembangan etnomusikologi Cina yang baru, teori kempyung tiup yg didasari
dari seruling kurang diminati lagi karena kurang praktis dan sistematis. Dan
berkembang teori lain dari kempyung kawat oleh Se Ma Tsien dari jaman kerajaan
Tang ( 620 M) yang lebih praktis dan mudah. Hitungan-hitungan dari kempyung
kawat Se Ma Tsien ini secara tidak sengaja juga sama yang dibuat oleh Pujangga
Yunani Phythagoras (530 M). Kedua hitungan-hitungan mereka itu berdasarkan pada
kecerdasan akal pikir atau perhitungan logika bukan dari kodrat alam seperti
dasar dari kempyung tiup.
Kempyung Kawat dibagi dua menjadi Kempyung Atas dan Kempyung
Bawah; Kempyung Atas terbentuk dari kawat tegang yang diperpendek menjadi 2/3nya.
Sedangkan Kempyung Bawah terbentuk dari kawat tegang yang diperpanjang menjadi
4/3nya.
Se Ma Tsien memulai dari kawat tegang diperpendek 2/3 menjadi
kempyung pertama, kemudian yang kedua diperpanjang menjadi 4/3 menjadi kwart
bawahnya. Yang ketiga diperpendek lagi
2/3, yang keempat diperpanjang 4/3, dan seterusnya hingga 12 kali.
Dari Laras Huang-Tjong
menjadi Laras Pelog
Dari sebuah penelitian
yang dilakukan oleh seorang ahli budaya dan music Tiongkok berkebangsaan Jerman, Prof.Dr.E.M. von Hornbostel
(1934) tentang laras Huang-Tjong didapatkan bahwa jumlah nada dari laras
tersebut adalah 366Hz. Sedangkan kempyung dari hasil tiupan sulingnya dinamakan
kempyung tiup, tercatat 678 cents.
Dari kempyung-kempyung tiup nomor ganjil kemudian dirangkum dalam satu gembyang
(oktaf), maka terbentuk suatu laras yang dinamakan laras pelog asli (1919).
Dari nada-nada itu dapat mengisar (toleransi) sampai 15 cents, hingga dapat
menutup kekurangan nada terakhir menjadi nada satu gembyang yang tepat 1200
cents.
0 156
312 468 624
780 936 1092
dlm cents
Laras pelog asli dengan pengisaran (toleransi) ini berkembang
di wilayah Birma, Siam, Malaysia, Indonesia, Madagaskar, Kep.Samudera Teduh,
Melanesia, Polinesia, Brazilia Barat Daya dan Peru Lima.
Di Jawa
dan Bali, laras pelog Hornbostel (pelog asli) ini sudah tidak ada, tetapi telah
diaplikasikan oleh Konservatori Karawitan Indonesia Surakarta ke dalam alat
music harmonica ( Agustus 1952), yg
identik dengan laras Cina (Huang-Tjong).
Perkembangan Laras
Pelog dan Terbentuknya Laras Slendro di Indonesia
Di
Indonesia teori Hornbostel dikembangkan
dengan penelitian-penelitian yang dilakukan oleh sarjana etnomusikologi
Belanda, Jaap Kunst. Penelitian dilakukan
ke sebagian besar jenis gamelan di nusantara Indonesia, terutama Jawa, Bali dan
Madura dengan lebih kurang 180 embat. Dengan data-data dan hitungan yang meluas
Jaap Kunst telah dapat membuktikan kebenaran teori Hornbostel (1934). Dan
menyimpulkan bahwa normalisasi laras pelog Jawa dan Bali itu bersruti
(interval) sebagai berikut :
0 156
415 535 685
955 1085 1200 cents
Dari laras pelog ini kemudian oleh Konservatori Karawitan
Indonesia dibuat susunan laras pelog yang lebih praktis digunakan dan lebih
sistematis, menjadi :
0 120
360 630 770
890 1030 1200 cents
Laras Slendro
Hornbostel-Kunst
Sedangkan
terbentuknya laras slendro dengan diambil nada-nada Umschicht, yang didapatkan
suatu kwart bersruti (interval) 468 cents ( kwart murni 498 dan kwart toleransi
500 ). Kwart 468 dibagi 2 menjadi 234 cents. Dari interval (sruti) 234 ct ini
kemudian diteruskan hingga 5 kali, sehingga terbentuk menjadi laras slendro berikut : 0_a_234_b_468_c_702_d_936_e_1170_f_1200
(abcde=234cent, f=30ct)
Kekurangan yang 30 cents dibagi rata untuk kisaran
(toleransi) nada-nada dengan maksimum 6 cents.
Dari laras slendro ini kemudian dibentuk laras slendro yang
lebih praktis digunakan dan lebih sistematis oleh Konservatori Karawitan
Indonesia Surakarta menjadi :
0 230
460 715 945
1200
Kesimpulan: Berdasar teori Honrbostel bahwa slendro itu
terjadinya dari Umschichtleiter yang berlaras pelog.
Penerapan Prinsip
Larasan Dalam Gamelan Wilahan Dan Pencon
Pelarasan pada alat music tiup atau dawai (kawat)
lebih sederhana dan mudah dibandingkan pelarasan pada gamelan wilahan dan
pencon. Pelarasan gamelan terdapat banyak kendala yang berasal dari teknisnya
(factor manusiannya) dan yang berasal dari sifat material logamnya. Dari segi
teknisnya dalam proses pelarasan ini banyak dibutuhkan peralatan penunjangnya
selain pengetahuan dan keahlian, juga terkait erat dengan kepekaan pendengaran
si pelaras. Dan dari segi material logam tentu juga akan berbeda-beda sifat
atau karakternya gamelan yang dibuat dari besi baja, kuningan, singen dan
perunggu. Juga pengaruh ketepatan paduan unsure logam sangat besar pengaruhnya
terhadap kualitas dan kestabilan larasan gamelan yang terbuat dari perunggu,
singen dan kuningan. Maka dalam pelarasan gamelan logam ini lebih sulit mencapai ketepatan atau
presisinya, toleransinya bisa mencapai 25 cents.
Teori Hardjosubroto
Berdasarkan dari sifat atau karakter logam paduan perunggu yang
terbentuk oleh karena kelemahan teknis proses pembuatannya, maka terjadi
kemungkinan bahwa kempyung yang bagaimanapun murninya (702 cents) yang terbentuk pada pelarasan
gamelan wilahan dan pencon pada awalnya, lama kelamaan akan berubah naik atau
turun hingga maksimum 25 cents. Dengan kempyung tiga macam (675, 700 dan 720)
disusun laras dengan model Hornbostel, yaitu mengembalikan deretan kempyung 6
buah ke dalam satu gembyangan, maka akan terbentuk 3 laras yg memiliki
sruti-sruti atau interval-interval sebagai berikut:
Keterangan gambar:
Bila kempyungnya bertambah besar, lima sruti yang mulanya kecil ( 150
)dalam pelog itu akan bertambah besar, dan dua sruti yang mula-mula besar (225)
dalam pelog itu akan mengecil hingga habis sama sekali dalam Slendro. Jadi
kesimpulannya :
1. Laras Pelog, laras slendro dan laras
diatonic terbentuknya dengan jalan yang sama, yaitu deretan kempyung diringkas
kedalam satu gembyangan.
2. Pengisaran pelog ke dalam slendro
melewati nada-nada diatonic itu karena bertambahnya kempyungan.
3.
Tambah atau berkurangnya kempyung terjadi oleh adanya embat, baik yang terbentuk di daerah
pelog (atas) dan di daerah slendro ( bawah).
4.
Slendro yang tidak sama rata yaitu slendro yang kempyungnya kurang dari
720 cents, dan melepaskan dua nada yaitu nada pertama (Pl) dan nada ketujuh
(Br).
5.
Timbulnya embat yang disengaja dalam Pelog dan slendro disebabkan oleh
kebebasan membentuk rasa indah si pelaras.
6.
Timbulnya pengisaran-pengisaran kecil yang terjadi disebabkan oleh factor
teknis dan non teknis dalam proses pembuatan yang kurang memadai ( keterbatasan
pengetahuan dan teknologi).
7.
Induk nada laras Huang-Tjong dengan frekuensi tertentu tidak ada.
Laras-laras itu terbentuk dari frekuensi pangkal yang paling enak dirasakan
oleh pelaras, dari sifat karawitan dimana lokasi berada.
Komentar
Posting Komentar